SEBARKAN INFORMASI SECARA TAJAM, OBYEKTIF DAN SANTUN

Rabu, 16 Agustus 2017

Tradisi Barikan dimalam Kemerdekaan di Dusun Karangasem

Tradisi Barikan yang laksanakan pada malam kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya pada tanggal 16 Agustus malam selepas sholat isya'. Apa sih barikan itu ? Barikan adalah wujud syukur atas kemerdekaan yang diberikan, begitu juga nikmat sehat oleh Allah subhanahu wata'ala. Wujud dari tradisi barikan berupa kumpul bareng di balai dusun atau di tempat yang ditentukan. Uniknya warga dusun karangasem di malam barikan HUT RI yang ke-72 ditempatkan dilapangan Volly Gelora Asem Rejo yang barusaja dibangun.

"Nanti malem barikan di tempatkan di Lapangan Volly Gelora Asem Rejo sekaligus peresmian Lapangan Volly Gelora Asem Rejo yang baru saja dibangun". ujar bapak Riasan H.S Kepala Dusun Karangasem tadi sore.

Dimana masing-masing warga membawa makanan, buah dan jajan semampunya. Andai kata tidak mampu membawa, juga tidak menjadi masalah karena tidak wajib, yang terpenting kehadiran di dalam acara tersebut. Barang bawaan tersebut nanti di tukar atau boleh diambil oleh siapa saja, asal barang bawaan sendiri tidak boleh dibawa pulang kembali.

dimalam ini hampir seluru warga dusun karangasem menghadiri acara barikan. baik dari kallangan anak-anak, pemuda, bapak-bapak dan ibu-ibu semuanya menghadiri acara tersebut. warga dusun sangat antusias menyambut malam barikan ini. diakhir acara ada semacam undian untuk lebih memeriakan malam barian HUT RI yang ke-72 ini. meskipun tidak banyak hadiah yang diundikan tetapi bisa membuat susana malam hari ini menjadi semarak se-semarak kemerdekaan..

Tidak perlu slogan manis melalui iklan TV untuk mempersatukan bangsa. Barikan sudah cukup untuk menyatukan bangsa. barikan yang lebih semarak dan warga yang lebih MERAKYAT. Merdeka.. Merdekaaa....



0 komentar:

Posting Komentar