SEBARKAN INFORMASI SECARA TAJAM, OBYEKTIF DAN SANTUN

Selasa, 15 Agustus 2017

Panen Biji Kangkung Telah Tiba

Biji kanggkung merupakan Potensi utama dalam pertanian Warga Desa Karangsemanding dan sekitarnya. Hampir rata-rata warga menanam kangkung. Kangkung yang dimaksud disini adalah yang dipanen bijinya bukan kangkung sayuran yang Biasanya sebagai pelengkap nasi pecel, urap-urap, sayur asem, cah kangkung, atau sayuran pelengkap bagi sambel sangat pedas.

Mungkin banyak yang belum tau kangkung kosmetik atau kangkung biji. Harga jual kangkung kosmetik bisa menembus harga Rp. 11.250/ Kg Jika ikut sistem kontrak. sedangkan harga biji kangkung yang tidak ikut sistem kontrak harganya berkisar Rp7.500 - Rp 9.000/ Kg.

Dalam Proses penanamannya dibutuhkan waktu kurang lebih 5 bulan. Pada tahun 2017 ini banyak warga yang memulai menanam kangkung pada akhir bulan April 2017 setelah musim panen padi selesai. pada bulan Agustus ini banyak warga yang sudah mulai memanen Kangkung kosmetik atau kangkung biji.

"Alhamdulillah hasil panen tahun ini bagus, biji kangkung yang dihasilkan banyak tak lepas dari cucaca yang ada saat ini. sebenernya sempat khawatir juga sebelum panen tiba curah hujan sempat masih turun. dan akhirnya ketika panen cuaca sanggat mendukung sehingga hasil panen bisa maksimal karena tidak kehujanan, jika kehujanan hasil panen akan menurun kualitasnya". ujar Bapak Subeki petani kanggkung Dusun Karangasem.



Hujan bisa menyebabkan biji kangkung yang sudah kering bisa rontok dan tumbuh lagi. berdampak dengan hasil panen yang kurang baik sehingga hasil dari biji kangkung tidak layak jual (harganya menurun).

0 komentar:

Posting Komentar